PANDUAN CARA MEMPEROLEH AYAM BANGKOK YANG UNGGUL

Untuk memperoleh ayam bangkok unggul kita perlu mengetahui keturunan dan juga asal usul induk. Lebih bagus jika induk berasal dari kalangan juara. Caranya yaitu dengan memilih induk lokal yang ada (bukan dari keturunan juara) yaitu dengan cara diadu induk betina dengan induk betina lalu perhatikan cara bertarungnya dan hasil yang bagus ialah leher dan kepala lawannya lebih banyak memar dan membengkak.

Begitu pula untuk induk ayam jantan diadu dulu lebih kurang 2 ronde dan perhatikan pola bertarungnya. Untuk hasil yang terbaik ialah induk jantan hanya melakukan pada pukulan kepala dan leher, pukulan seperti ini bisa mematahkan leher serta bisa membuat kepala lawan robek ataupun kepala lawannya memar dan membesar. Sesudah itu baru induk ayam dirawat untuk dilakukan perkawinan.

Ciri-ciri induk ayam betina yang bagus

  1. Kepala ayam seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
  2. Matanya menjorok ke dalam, bersih, dan jernih
  3. Badannya jikadipegang seperti botol ataupun seperti batang pinang
  4. Kaki ayam kering dengan jari kaki halus serta panjang
  5. Tulang sapit udang yang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3 – 4 jari
  6. Tidak pernah sakit dari kecil
  7. Kalau bisa ada tajinya lebih bagus lagi
  8. Bulu ayam yang mengkilat

Ciri-ciri induk ayam jantan yang bagus

  1. Kepala yang seperti buah pinang
  2. Tulang kepala yang tebal dengan alis menjorok keluar
  3. Tulang leher yang rapat
  4. Kepak sayap ayam merapat ke badan
  5. Paruh ayam melengkung sepeti paruh burung elang dan juga agak panjang
  6. Kaki ayam dan sisik yang kering
  7. Jari kaki ayam halus dan panjang
  8. Tulang ekor ayam(tulang sapit udang) rapat dan juga keras
  9. Memiliki kokok yang besar
  10. Bulu ayam mengkilat
  11. Mempunyai badan ayam yang bulat seperti batang buah pinang
  12. Mempunyai tulang ayam yang kokoh dan juga tegak seperti elang

Usahakanlah dari anak ayam sampai pada ayam dewasa dalam proses pemberian pakan harus memenuhi kebutuhan ayam sesuai dengan umur. Ayam yang terpenuhi nilai pakannya tidak akan pernah sakit dan ini merupakan sebuah modal utama untuk menjadi ayam petarung yang tangguh.

Umur induk jantan baru bisa diambil keturunannya sesudah berumur 1 tahun 5 bulan ataupun sesudah mengalami satu kali masa mabung/ganti bulu dan untuk induk betina sesudah 4 kali masa bertelur. Tapi pengalaman yang saya bisai makin tua induk jantan atau induk betina semakin bagus, selagi induk tersebut masih produktif dan masih mau kawin.

Melatih ayam aduan bangkok menjadi jagoan tarung, juga memerlukan latihan supaya bisa meningkatkan kemampuan pada saat bertanding. Latihan kepada ayam laga bangkok aduan meliputi 2 sisi yaitu sisi pelatihan fisik dan pelatihan mental. Tujuan utama dari latihan fisik ialah memperkuat kualitas otot, tenaga, dan stamina. Sedangkan sisi mental ialah meningkatkan keberanian saat bertanding dan menambah pengalaman dalam bertanding pada saat menghadapi lawan tarungnya.

Cara melatih ayam bisa meliputi seperti latihan leber, latihan badan, latihan berenang, latihan sayap, latihan kaki dan latihan lainnya. Latihan yang cukup , juga tidak akan efektif kalau tidak diimbangi dengan pakan yang seimbang seperti dengan pemberian gizi yang kaya karbohidrat, pemberian jamu , suplemen, dan memberikan waktu istirahat cukup kepada adu ayam supaya bisa memiliki tenaga. Anda juga tidak boleh melupakan latihan untuk otot, otot  bisa di bentuk dengan memberikan extra protein sejurus dengan latihan pembentukan otot yang sesuai dengan usia ayam.

Latihan fisik biasanya dilakukan 40 hari sebelum ayam turun ke arena aduan. Ada empat anggota tubuh sabung ayam yang perlu dilatih secara rutin itu badan, leher, kaki, dan juga sayap.

Latihan leher dan juga badan dilakukan dengan cara memutar leher beserta badan ayam ke kiri dan kanan masing-masing 20 putaran dengan durasi 1 detik per ronde.  Cara ini leher ayam akan menjadi lentur dan juga mudah menekuk saat mencari kepala lawan serta badan ayam menjadi terbiasa berputar saat bertarung nanti.

Latihan kaki ayam cukup dengan menekan punggung ayam ke arah bawah sambil mendorong ke depan sebanyak 20 kali per hari.

Untuk melatih sayapnya, angkat badan ayam setinggi-tingginya dengan kedua tangan, satu tangan memegang dada ayam dan juga satu tangan lagi memegang sayap. Lalu, lepaskan tangan di dada ayam sambil tangan satunya ikut diturunkan ke bawah searah dengan jatuhnya ayam. Lakukan sebanyak 10—15 kali.

Selanjutnya, efek dari melatih mentalnya, latihlah ayam dengan menjajalnya bertarung dengan ayam aduan lain. Semakin banyak latihan bertarung, akan semakin baik kemampuan, keberanian, dan juga pengalamannya menghadapi lawan. Latih jajal ini bisa dilakukan 6—10 hari sekali selama 40 hari sebelum bertarung di arena aduan.

Melatih pukulan ayam menjadi lebih Keras dan juga Bertenaga merupakan syarat ayam aduan menjadi juara dengan sabung ayam aduan yang memiliki tenaga yang tidak ada habisnya akan melontarkan pukulan dengan bobot pukulan stabil dari awal ronde sampai dengan ronde akhir.

Dalam hal ini, Ayam aduan yang kehabisan tenaga dikarenakan otot tidak mampu bekerja secara maksimal hal itu dikarenakan sumber energi pada ayam telah habis. Baik dari akibat kesalahan dalam perawatan di saat sebelum ayam bertarung ataupun ayam sehabis latihan berat. Oleh karena itu persiapan sebelum ayam diturunkan ke arena bisa menjadi penentu dari sebuah pertandingan diarena.

Untuk menambah power dan juga meningkatkan bobot pukulan yang stabil, hendaknya ayam sebelum bertarung membiasakan asupan gizi yang seimbang antara karbohidrat, dan juga lemak. Karena pada awal pertarungan ayam memperoleh energi dari karbohidrat dan juga lemak bersamaan dalam jumlah yang sama.

Apabila aktivitas otot bekerja sangat berat, sumber energi utamanya adalah karbohidrat namun, sesudah ayam bekerja lebih lama, lemak akan memegang peranan penting dari pada karbohidrat oleh karena itu cadangan lemak dalam tubuh ayam digunakan sebagai aktivitas pertahanan pada saat bertarung. Adapun cara menambah power dan juga bobot pukulan ayam supaya menerima tenaga yang cukup adalah sebagai berikut:

Sebelum ayam bertanding persiapkan dulu selama 7 hari/satu minggu dengan diawali latihan yang banyak menguras tenaga namun tidak menimbulkan cidera/luka dan juga sesudah itu berilah makanan yang banyak mengandung tinggi lemak , tinggi protein namun rendah karbohidrat. Adapun jenis makanannya bisa berupa:

Ikan, daging, ataupun susu. Namun yang terbaik untuk ayam adalah daging/daging kambing yang bisa diberikan secara mentah/bisa direbus dulu. Makanan daging tersebut bisa diberikan selama 3 hari berturut turut. Kemudian dilanjutkan pemberian dari jenis makanan yang mengandung tinggi karbohidrat bisa berupa jagung yang diberikan berturut-turut selama 3 hari dan juga lakukanlah latihan yang sangat ringan serta sesudah itu ayam diberikan istirahat total selama 3 hari baru ayam dibawa ke arena.

Selain pemberian jenis makanan seperti di atas, bisa anda berikan glukosa/gula aren ataupun dengan madu yang berfungsi sebagai sumber energi apabila glikogen tubuh telah habis.Dalam rangka ingin menambah bobot pukulan juga bisa dilakukan dengan pelatihan fisik, cara melatih pukulan ayam aduan supaya lebih keras dan juga bertenaga diantaranya ialah:

Ayam dilatih melompat lompat,fungsi dari teknik ini ialah membuat kekuatan kaki ayam jadi lebih kuat. Ayam yang kakinya kuat akan membuat pukulannya jadi kuat pula. Selain itu,melatih lompatan ayam akan membuat kebugaran tubuh lebih meningkat.

Ayam di biarkan bergerak bebas,ataupun istilahnya ayam diumbar di tempat yang luas. Usahakan ayam bergerak dengan leluasa dan juga bebas. Teknik ini berfungsi untuk membuat kekuatan tubuh ayam menjadi lebih meningkat dan juga tentunya stamina ayam menjadi lebih jago.

Ayam diberi barbel,fungsi dari teknik ini ialah supaya kekuatan otot otot kaki ayam menjadi lebih kuat.

Ayam dilatih berenang  memang berenang ini berfungsi untuk membuat gerakan kaki ayam menjadi lebih lincah.

Semasa ayam tahap latihan yang bertujuan untuk memperbesar otot-otot ayam tersebut supaya memiliki bobot pukulan yang mantap namun apabila ayam sudah dalam masa persiapan, rawatlah ayam dengan teratur dan juga berikanlah makanan yang dibutuhkan dengan memperhatikan nilai gizi yang tepat.

Pemberian gizi pada ayam aduan dalam aktivitas latihan ataupun bertarung merupakan sesuatu yang harus dilakukan apabila ayam aduan ingin memperoleh perkembangan fisik secara maksimal untuk meraih prestasi. Hal ini dapat anda belajar melalui menonton rekaman cara berternak video ayam petarung yang ada pada channel youtube. Di sana anda dapat mengetahui cara yang benar untuk memelihara seekor ayam aduan yang jago.